Senin, 09 Maret 2015

Layar Ponsel Masa Depan

Layar Ponsel Masa Depan Bisa Pakai Sensor Keamanan

Dua sensor transparan yaitu sensor suhu dan otentifikasi diujicoba. 



Layar pada ponsel pintar di masa depan bukan lagi hanya menunjukkan fungsi menampilkan gambar atau bisa disentuh oleh pengguna saja. Fungsi layar di masa depan berpotensi sebagai fitur keamanan. 

Hal ini pasalnya peneliti dari Polytechnique Montreal, Kanada telah mengembangkan sensor yang dapat dibenamkan pada permukaan layar anti gores Gorilla Glass, melansir PC World, Kamis 19 Juni 2014. 

Uniknya sensor dihadirkan secara transparan pada layar. 

Sensor transparan itu ada dua. Sensor pertama untuk kebutuhan sensor suhu seperti pada umumnya sedangkan sensor kedua akan menjalankankan fungsi otentifikasi sebuah ponsel pintar. 

Disebutkan sensor bekerja tanpa menggunakan tenaga elektrik. Alih-alih, peneliti justru menggunakan panduan gelombang optik dan menyalurkan foton pada layar kaca tersebut. 

Menurut Raman Kashyap, profesor teknik listrik di Polytechnique Montreal, teknologi itu seharusnya bisa diakomodasi oleh produsen ponsel pintar. Tak butuh waktu lama, menurutnya cukup setahun saja untuk fokus dalam pengembangan teknologi itu. 

"Kami secara aktif mencari  mitra dengan industri untuk memanfaatkan teknologi itu," jelas Kashyap. 

Menurut makalah yang diterbitkan Optics InfoBase, setiap sensor dihadirkan pada layar kaca melalui 'ukiran laser'. 

Sensor suhu telah dikenal sebagai March-Zehnder interferometer (MZI), yang mana layar kaca dapat menyensor suhu berdasarkan cahaya yang melalui pandu gelombang.

Pandu gelombang merupakan struktur yang memandu gelombang elektromagnetik atau gelombang suara pada sebuah layar.  

Dengan sensor itu, melansir Engadget, ponsel pengguna bisa memeriksa suhu dengan menggunakan cahaya. Produsen ponsel bahkan bisa menanamkan pola optik yang unik ke dalam layar kaca, sehingga memungkinkan ponsel mengidentifikasi secara mandiri. Cara ini untuk mencegah adanya pengloningan perangkat. 

Kashyap mengatakan perkembangan sesnor transparan itu guna mengantisipasi tren sensor dalam layar yang mungkin melanda di masa depan. 

Sejauh ini peneliti juga telah mengembangkan kekuatan sensor melalui riset independen. 

Dalam tim peneliti terdapat Ming-Jun Li, peneliti di Corning Glass, yang dikenal sebagai layar kaca anti gores. Namun meski masuk dalam dalam tim, perusahaan pembuat layar Corning tidak mengumumkan adanya penyematan pandu gelombang dalam layar kaca di masa depan. 



Sumber : 
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/514164-layar-ponsel-masa-depan-bisa-pakai-sensor-keamanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar