Rabu, 11 Maret 2015

Instalasi Fiber Optik Bawah Laut

Instalasi Fiber Optik Bawah Laut 
 
Pernahkah anda mendengar tentang instalasi fiber optik bawah laut (fiber optic) atau instalasi fiber optik bawah laut ? Setiap kali orang berbicara tentang sistem telepon, sistem TV kabel atau Internet, saat ini semua sistem ini sudah menggunakan media instalasi fiber optik bawah laut . instalasi fiber optik bawah laut atau instalasi fiber optik bawah laut adalah kaca murni tipis seperti rambut manusia yang membawa informasi digital jarak jauh.
instalasi fiber optik bawah laut , instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber juga digunakan dalam medis pemeriksaan pencitraan dan mechanical engineering.
instalasi fiber optik bawah laut atau instalasi fiber optik bawah laut laut merupakan instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber sebagai saluran transmisi atau sejenis instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber yang terbuat dari bahan kaca atau plastik yang sangat halus dan instalasi fiber optik bawah laut itu lebih kecil dari sehelai rambut, dan instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber dapat digunakan untuk mengirim atau mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lain. Sumber cahaya instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber yang digunakan biasanya adalah sejenis laser atau lampu LED.instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber biasanya berdiameter 5 mikron sampai 62.5 mikron. Kecepatan koneksi Data, Voice & Video (Camera) yang lambat akan segera berakhir dan perusahaan anda akan menikmati koneksi Data, Voice & Video (Camera) tercepat didunia melalui instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber terbaik dan termurah dari PT. Megah Alam Semesta atau Garansi Uang Kembali.

instalasi fiber optik bawah laut atau instalasi fiber optik bawah tanah adalah kabel jaringan yang dapat mentransmisi data melalui media cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, instalasi fiber optik bawah laut ini jauh lebih mahal. Namun, instalasi fiber optik bawah tanah atau kabel fiber memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 200 meter sampai ratusan kilometer, instalasi fiber optik bawah tanah atau kabel fiber juga tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kabel lainnya. instalasi fiber optik bawah tanah atau kabel fiber tidak membawa sinyal elektrik listrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga (UTP Cable) yang relatif rawan terhadap serangan petir. Sebagai gantinya, sinyal dari instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya. instalasi fiber optik laut tanah atau kabel fiber terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber single mode dan instalasi fiber optik laut tanah atau kabel fiber atau kabel fiber atau kabel fiber multi mode. instalasi fiber optik bawah laut single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. instalasi fiber optik bawah laut multimode dapat mengirim sinyal instalasi fiber optik bawah laut yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber optic single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber optic multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.




instalasi fiber optik bawah laut :
Ukuran instalasi fiber optik bawah tanah atau instalasi fiber optik bawah laut terdiri dari dua jenis, yaitu instalasi fiber optik bawah laut single mode dengan diameter ukuran 5Mikron, 9 Mikron atau 10Mikron dan instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber multi mode dengan diameter berukuran 50Mikron atau 62.5Mikron. Jadi sebagaimana diketahui, instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa instalasi fiber optik bawah laut dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan rack instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinyal sinar dalam jarak yang sangat jauh.

Penyambungan instalasi fiber optik bawah laut :
Penyambungan instalasi fiber optik bawah laut dimungkinkan karena adanya kombinasi antara komponen instalasi fiber optik bawah laut dan elektronik serta penggunaan cahaya dari instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber itu sendiri telah ikut meningkatkan kinerja instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber FO itu sendiri. Saat ini koneksi telepon internasional dan nasional telah menggunakan media instalasi fiber optik bawah laut . Tak lama lagi instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber FO akan merubah cara kita menonton TV, menerima dan menggunakan informasi. Konsep memanfaatkan cahaya instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber sebagai suatu alat komunikasi modern dimulai akhir abad ke-19 ketika Alexander Graham Bell pada tahun 1880 merepresentasikan dan mematenkan penemuannya yang menggunakan cahaya dari instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber sebagai pentransmit suara. Alat tersebut dikenal dengan photophone, menggunakan cahaya dan perangkat sensitif cahaya sebagai penerima dan menyiarkannya kembali dengan mereproduksi suara manusia.

Splicing dan Transmisi instalasi fiber optik bawah laut :

Dalam transmisi instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber, secercah cahaya merupakan sinyal optikal, digunakan sebagai alat yang membawa informasi. Baik yang berbentuk analog ataupun digital. Dalam pengoperasiannya, cahaya dilepaskan ke dalam instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber yang terdiri dari dua lapisan yaitu bagian inti dan bagian luar. Cahaya berjalan di sepanjang serat instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber melalui serangkaian refleksi yang terjadi dimana bagian itin dan bagian luar bertemu. Ketika cahaya mencapai bagian akhir dari saluran, cahaya kemudian dijemput oleh receiver yang sensitif cahaya, dan setelah serangkain langkah, sinyal original tereproduksi.

Sebagai sebuah penemuan teknologi, instalasi fiber optik bawah laut mempunyai keuntungan dan kerugian :
Berikut adalah keuntungan dari instalasi fiber optik bawah laut :
Dibandingkan dengan sistem komunikasi jenis lain, cahaya yang merupakan pembawa informasi dalam sistem instalasi fiber optik bawah laut, dapat mengakomodasi banyak volum informasi. Transmisi dalam kisaran giga-plus (billion bits per second). Satu kabel 0,75 inchi dapat menggantikan 20 kabel coaxial 3.5 inchi konvensional. instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber kebal terhadap elektromagnet dan interferensi radio. Karena cahaya instalasi fiber optik bawah laut digunakan untuk menyampaikan informasi, saluran komunikasi yang berdekatan tidak akan dapat mempengaruhi transmisi. Saluran instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber FO menawarkan tingkat keamanan data yang lebih tinggi dari pada sistem konvensional. Hal ini membuat saluran instalasi fiber laut bawah tanah FO sulit untuk disadap dan saluran ini tidak mengeluarkan gelombang radiasi. Informasi dapat disiarkan ulang dengan jangkauan jarak yang jauh tanpa pengulangan. Generasi baru dari LD dan instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber komplemen, sama halnya dengan penangkap yang sensitif,dapat me-relay dengan jarak jauh tanpa pengulangan. Sebuah saluran instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber adalah bernilai saat aset dalam keadaan premium, contohnya saluran pipa dalam gedung dapat digunakan sebagai tempat pembawa kabel. Karena instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber kecil maka biasanya instalasi fiber optik bawah laut atau kabel fiber mudah untuk ditempatkan.



Sumber : 
http://www.fiberoptic.my.id/instalasi-fiber-optik-bawah-laut.htm
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar