Selasa, 10 Maret 2015

Internet Laser

Laser Bisa Mempercepat Internet

 

TEMPO.CO, Jena - Para peneliti di Jerman dan London telah membuat laser tercepat di dunia. Temuan itu ternyata dapat digunakan untuk membuat Internet lebih cepat.

Laser menyala dan mati pada kecepatan sangat tinggi. Belum diketahui apa dampaknya terhadap dunia. Namun para peneliti di belakang laser itu mengatakan hal itu bisa menjadi lompatan besar bagi teknologi komunikasi dan kecepatan koneksi data.

Laser Bisa Mempercepat Internet
Sxc.hu

Ketika Mashable menghubungi para peneliti itu untuk merinci lebih lanjut tentang bagaimana laser akan bekerja, salah satu ilmuwan menegaskan bahwa hal itu bisa berdampak pada web.

"Jika seseorang dapat menghidupkan dan mematikan laser dengan sangat cepat, lebih banyak informasi diangkut untuk jangka waktu tertentu," ujar Carsten Ronning, ilmuwan dari Friedrich Schiller University of Jena, Jerman, kepada Mashable, Rabu, 1 Oktober 2014. Universitas ini juga bermitra dengan para peneliti di Imperial College London pada proyek tersebut.

Apa yang membuat laser ini terpisah dari pengulangan sebelumnya adalah bahan nanowire seng oksida yang digunakan untuk mengembangkan laser ditempatkan pada perak, bukan kaca yang secara tradisional digunakan, menurut rilis berita Imperial College London.

Para ilmuwan kemudian menggunakan teknik khusus untuk menekan cahaya ke tempat yang jauh lebih kecil daripada biasanya. Dengan beralih dari permukaan kaca dan mendorong sekelompok cahaya ke dalam ruang kecil mungil, para peneliti mampu mengecilkan diameter laser menjadi seperseribu ukuran rambut manusia. Ini menyebabkan interaksi lebih besar antara cahaya dan nanowire.

Laser ultra-tipis itu menghasilkan sebanyak 1 triliun pulsa per detik, sehingga jauh lebih cepat daripada laser rata-rata. Laser itu beroperasi secara stabil pada suhu kamar. Ronning mengatakan hal yang mungkin adalah kecepatan maksimum agar laser dapat dioperasikan. 

Sumber : 

http://www.tempo.co/read/news/2014/10/02/072611330/Laser-Bisa-Mempercepat-Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar