Selasa, 28 April 2015

Keunggulan Fiber Optik

Keunggulan Fiber Optik

Selama ini kita mengenal teknologi komunikasi melalui kabel dan tanpa kabel (wireless). Komunikasi lewat kabel bisa dilakukan, misalnya, dengan telepon rumah. Adapun komunikasi tanpa kabel dengan telepon seluler (handphone/hp).
Saat berkomunikasi dengan telepon rumah, mikrofon mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dikirim via kabel ke penerima. Biasanya kabel itu terbuat dari tembaga. Namun kini kabel tembaga telah digantikan kabel optik.


Ada beberapa kelebihan kabel optik dibandingkan dengan kabel tembaga. Pertama, lebih murah. Kedua,  lebih tipis dan ringan sehingga menghemat tempat. Ketiga, tingkat kehilangan informasi yang disalurkan relatif lebih rendah sehingga lebih hemat daya. Keempat, satu kabel optik dapat terdiri atas ratusan serat optik sinyal. Antarserat tak mengganggu, sehingga komunikasi lewat telepon atau penerimaan siaran televisi lebih bersih. Kelima, volume informasi yang dapat dibawa serat optik lewat jaringan telepon jauh lebih besar, yakni antara 200.000 dan 600.000 pembicaraan. Padahal, kabel tembaga hanya membawa antara 10 dan 20 pembicaraan. Keenam, sinyal telepon pada kabel tembaga harus diperkuat kembali setiap 2 km dengan penguat sinyal (repeater) yang relatif mahal. Pada serat optik, pelemahan sinyal amat sedikit. Jadi jarak antar-repeater bisa berjauhan hingga 100 km. Saat ini, Jepang dan Amerika Serikat sedang mengembangkan penggunaan laser sebagai penguat cahaya dalam serat optik. Jadi sinyal yang dibawa dapat bertahan hingga 1.000 km tanpa “disegarkan” oleh repeater. Ketujuh, serat optik tak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik alami, seperti petir, badai, gelombang radio matahari. Juga tak terpengaruh gangguan elektromagnetik buatan, seperti pemancar radio dan radar. Kedelapan, serat optik lebih cocok untuk pengiriman data digital. Selain itu, pemakaian serat optik tak memungkinkan informasi data disadap, tanpa menyebabkan pelemahan sinyal secara dratis. Kesembilan, serat optik tak menyalurkan arus listrik sehingga aman dari bahaya kebakaran. Kesepuluh, serat optik lebih luwes ketimbang kabel tembaga. 

Untuk komunikasi data telemetri, kini serat optik banyak dipasang dalam komputer terbaru. Dengan dua kabel tembaga yang dipilin, komputer dapat mengirimkan data 150-200 huruf per detik. Adapun dengan kabel koaksial dapat mengirimkan hingga 1,5 juta huruf per detik. Serat optik jenis tertentu dan panjang gelombang tertentu dapat menyalurkan 15 juta-20 juta huruf per detik.

DAFTAR PUSTAKA


http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/04/12/105240/18/Selarik-Serat-Pembawa-Pesan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar