Senin, 27 April 2015

JIBO Robot Keluarga Di Dunia yang Pertama Kali Dipasarkan ke Masyarakat Umum

JIBO Robot Keluarga Di Dunia yang Pertama Kali Dipasarkan ke Masyarakat Umum

 

ROBOT memang bukan hal baru di film-film dan sudah sering digunakan di pabrik, tapi kehadiran robot yang bisa diajak berinteraksi di tengah-tengah keluarga belum menjadi kenyataan. Ada sih robot sederhana yang memiliki fungsi khusus yaitu robot pembersih lantai yang sudah menjadi hal biasa di negara maju tapi robot ini tidak bisa diajak berinteraksi dan tidak memiliki fungsi lain selain membersihkan lantai.
Jadi adanya robot keluarga yang bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan keluarga tentu akan menjadi hal yang menarik dan bukan hal yang umum. Robot bernama JIBO yang kami bahas kali ini adalah jenis robot keluarga yang bisa diajak berbicara, bercanda di tengah keluarga. Robot ini dikembangkan oleh Cynthia Breazeal, salah satu pionir dalam robot yang bersifat sosial, dari MIT Media Lab. Hebatnya JIBO ini pun mengerti arti sopan santun dan bisa mengajarkannya pada anak-anak.


Jadi di tengah-tengah suasana lebaran di masa depan, akan ada “anggota keluarga” baru yang bisa ikutan nimbrung dan meramaikan suasana nantinya.

JIBO Robot Keluarga
JIBO Robot Keluarga
JIBO juga bisa melakukan hal yang biasa dilakukan manusia, selain berbicara yaitu menyanyi dan menari. Tidak hanya disitu saja kecanggihannya, JIBO ini bisa memiliki peran untuk mengedukasi anak-anak, reminder/pengingat, manajemen kesehatan dan mendampingi orang lanjut usia serta dapat juga digunakan sebagai alat komunikasi serta video conference.
Robot ini merupakan hasil dari ketertarikan dan kesenangan Breazeal (sang penemu) dengan robot dari StarWars (R2D2) yang kemudian menyadari jenis robot sosial yang bisa berinteraksi dengan manusia kurang mendapat perhatian khusus.
Untuk mendapatkan dana produksi robot ini maka Breazeal telah membuat kampanye di indiegogo.com dan telah mendapatkan dukungan dana lebih dari 1 juta USD kurang dari 1 minggu jadi JIBO akan benar-benar diproduksi dan kemungkinan akan sampai di tangan para penyumbang akhir tahun 2015.

Dr. Cynthia Breazeal pengembang JIBO
Dr. Cynthia Breazeal pengembang JIBO
Robot ini dikembangkan sejak tahun 2012 dan dapat terhubung dengan internet serta bisa bergerak di tengah-tengah ruang keluarga yang bisa bercerita serta mengenali anggota keluarga. JIBO memiliki ketinggaian 11 inci dan berat 6 pound, yang juga dapat mengambil foto (dilengkapi kamera) serta bisa dikembangkan lebih jauh oleh pengembang seluruh dunia karena platform mereka bersifat terbuka.



Sumber :
http://www.beritateknologi.com/jibo-robot-keluarga-di-dunia-yang-dipasarkan-pertama-kali/



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar